Senin, 18 Juli 2016

Pembuatan Skripsi Yang Baik Dan Benar

Halo sobat semuanya?. Apakah Anda sedang disuruh untuk membuat skripsi akan tetapi Anda tidak tahu bagaimanakah caranya membuat skripsi itu?.

Maka dari  itu disini saya akan memberikan sedikit pengetahuan kepada Anda tentang cara menyusun skripsi.

Tugas yang sering menjadi hal yang dirasa berat bagi seorang mahasiswa dalam perguruan tinggi ialah membuat karya ilmiah yang berupa skripsi. Skripsi inilah yang nantinya dapat digunakan sebagai  alat untuk mengukur tingkat kemampuan seorang mahasiswa tentang cara berpikir, kemampuan mengatasi masalah, penggalian suatu ilmu baru yang akan dikembangkan untuk menjadi solusi bagi lingkungan maupun masyarakat.

Membuat skripsi bagi para mahasiswa adalah pekerjaan wajib pada semester akhir. Dimana nantinya skripsi ini digunakan sebagai tolak ukur pemahaman siswa serta digunakan sebagai aspek penilaian terhadap mahasiswa tersebut.

Akan tetapi membuat skripsi ini bukan perkara yang mudah, dikarenakan apabila belum tahu cara pembuatannya maka akan sangat sulit untuk membuatnya.

Maka dari itu saya akan memberikan penjelasan mengenai cara menyusun skripsi  yang baik dan benar. Seperti apakah itu, silakan disimak pembahasannya.

Pada dasarnya  membuat skripsi  itu hampir sama dengan membuat makalah yang hal ini bertujuan untuk syarat menyelesaikan tugas akhir pendidikan.

Bedanya disini  yaitu apabila membuat skripsi itu untuk mendapatkan data yang diperoleh harus  melakukan survey terlebih dahulu dan melakukan semuanya tentang apa yang akan ditulis, sedangkan untuk membuat    makalah data data yang diperoleh bisa bersumber dari buku ataupun media lainnya seperti internet.

Susunan yang dimuat dalam skripsi juga sebenarnya hampir sama dengan susunan pada pembuatan makalah atau karya ilmiah lainnya, dimana hal ini dapat menjadikan proses pembuatanya lebih mudah.

Akan tetapi karena skripsi itu berisi tentang berbagai survey serta penelitian yang telah dilakukan, maka tentunya isi dan pembahasannya juga akan lebih panjang dan lengkap.

Dalam membuat skripsi kita harus memperhatikan urutan pembuatannya yaitu:
Sampul
Lembar Pengesahan
Lembar pernyataan
Lembar persetujuan
Kata pengantar
Penjelasan singkat dari kegiatan
Penjelas: daftar isi, gambar, logo, pengertian dari singkatan, lampiran dan juga istilah.
Inti: latar belakang, identifikasi masalah, dan rumusan masalah
Tujuan umum, tujuan khusus dan manfaat umum maupun khusus dari kegiatan.
Konsep dan hipotesis
Metode yang digunakan dalam penelitian
Hasil penelitian
Pembahasan
Kesimpulan dan saran
Daftar pustaka serta lampiran

Untuk membuat skripsi Anda harus memperhatikan dan mengikuti alur atau proses pembuatan yang telah ditentukan yaitu:
1. Tentukanlah tema yang akan dibuat. Tema yang dimuat harus sesuai dengan isi dari skripsi tersebut.    Pembuatan tema usahakan singkat tapi mampu menggambarkan isi dari keseluruhan skripsi tersebut.
2. Tentukanlah kerangka skripsi. Dengan menentukan kerangka maka akan mempermudah serta lebih fokus terhadap 1 hal yang telah ditentukan sehingga tidak keluar dari jalur permasalahan.
3. Lakukanlah survey serta analisis terhadap topik yang sedang Anda buat.
4. Buatlah bagian penutup dengan kesimpulan dan saran. Usahakan agar Anda memberikannya sesuai dengan fakta.
5. Lakukanlah koreksi kembali terhadap apa yang telah ditulis. Perbaiki setiap kesalahan mulai dari ejaan,    penggunaan kosakata, dan penggunaan kaidah EYD.

Ya, itulah pembahasan mengenai pembuatan skripsi yang baik dan benar /jasa bimbingan skripsi di malang atau cara menyusun skripsi yang saya harapkan dapat berguna bagi Anda yang sedang dalam proses membuat skripsi.

Skripsi - Skripsi sangat penting bagi mahasiswa karena menjadi salah satu persyaratan menjelang lulus kuliah , Kalo kita tanyakan bagaimana Cara Membuat Skripsi yang baik dan benar. Buku Menyusun Skripsi dan Tesis dilengkapi Panduan Penulisan Mengunakan Microsoft Word membahas langsung tentang susunan dan aturan penulisan Skripsi & Tesis secara singkat serta cara menuliskannya menggunakan MS Word mulai dari pengaturan rancangan halaman, pengaturan format tulisan isi laporan, hingga penyusunan daftar secara otomatis. Melalui buku ini mahasiswa yang belum terbiasa dengan MS Word sekalipun dapat secara langsung mengikuti langkah-langkah untuk mengoptimalkan penulisan Skripsi & Tesis-nya melalui MS Word, karena pada buku ini dibahas langkah demi langkah dan selesai mempraktikkan buku ini pembaca akan langsung mendapatkan format penulisan Skripsi & Tesis dalam bentuk file template yang dapat digunakan kembali untuk menulis Skripsi & Tesis lainnya.


Materi yang dibahas Pada Buku ini :
Bagian I Susunan dan Aturan Penulisan Skripsi & Tesis serta Contoh-contoh Model Halaman Awal

BAB 1.    Susunan Penulisan Skripsi & Tesis
Bab 2.    Aturan Penulisan
Bab 3.    Model-model Halaman Bagian Awal

Bagian I I Panduan Penulisan Menggunakan MS Word 2007

BAB 4.    Memulai Bekerja dengan MS Word 2007
BAB 5.    Pengaturan Page Layout, Styles dan Nomor Bab
BAB 6.    Penyusunan Bagian Awal Skripsi & Tesis
BAB 7.    Penyusunan Bagian Utama
BAB 8.    Penyisipan Gambar & Tabel serta Persamaan
BAB 9.    Penomoran Gambar dan Tabel serta Persamaan  
BAB 10.  Pengaturan Orientasi halaman yang Berbeda
BAB 11.  Penyusunan Bagian Akhir (Daftar Pustaka)
BAB 12.  Penulisan Daftar

Bagian III Beberapa Hal yang Diperlukan pada Proses Penulisan Skripsi & Tesis

BAB 13.   Tambahan

Panduan Menulis Skripsi Yang Baik .
 
 Struktur Skripsi
“Struktur Resmi” untuk setiap perguruan tinggi tentu berbeda..jadi bacalah buku panduan penulisan skripsi yang ada diperguruan tinggi masing-masing...tetapi secara umum bisa digambarkan sebagai berikut
Judul
lembar pengesahan
persembahan
kata pengantar
intisari
abstract
daftar isi
daftar gambar
daftar tabel
bab 1 pendahuluan
1.1.latar belakang
1.2.rumusan masalah
1.3.Ruang lingkup dan batasan masalah
1.4.tujuan penulisan
1.5.manfaat penulisan
1.6.tinjauan pustaka
1.7.metodologi penelitian
1.studi literatur
2.analisis kebutuhan
3.perancangan sistem
4.implementasi sistem
5.testing sistem
1.8.sistematika penulisan
bab 2 dasar teori
bab 3 rancangan sistem
bab 4 implementasi sistem
bab 5 pengujian dan hasil
bab 6 penutup
6.1.kesimpulan
6.2.saran
daftar pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar